3 Jan 2014

Pengalaman Orang Lain yang Berkesan


Tadi siang, aku mengikuti sekolah kaca. Di sekolah kaca, aku mendapat beberapa pengalaman dan cerita baru. Hari ini semua orang menceritakan pengalaman yang pernah mereka alami baik menyenangkan, menyedihkan, menegangkan, seru, romantis, dan lain-lain. Semua cerita yang pernah dialami oleh teman-teman calon kaca angkatan 23 sangat bermacam-macam. Sebenernya kesempatan ini juga sebagai sarana curhat. Apalagi hari ini kami dilatih untuk berbicara didepan banyak orang. Ada beberapa orang yang baru aku kenal, karena mereka tidak ikut outbound di Grogol kemarin hari Sabtu.  Dari semua cerita teman-temanku satu kelompok yang ada, aku sangat terkesan dengan beberapa pengalaman temanku. Salah satunya cerita pengalaman temanku yang bernama Dhini.
Dia bercerita dimana dia yang saat SMP memiliki hobi baru yaitu membaca dan menulis. Namun, hobi barunya itu dihalangi oleh ayahnya sendiri. Sampai-sampai ayahnya menghentikan semua sarana yang bisa digunakan untuk menulis seperti laptop. Laptop hanya diperbolehkan untuk membuat tugas saja. Terkadang dia suka mencuri-curi kesempatan mengikuti kegiatan tulis menulis tanpa seijin orang tuanya. Sekarang, ayahnya sudah sedikit merelakan dirinya mengikuti hobinya.
Banyak cerita yang teman-teman kelompokku ceritakan. Aku juga bercerita pengalamanku yang sedikit absurd karena aku juga bingung dengan apa yang ingin kuceritakan. Setelah semua orang bercerita pengalaman mereka masing-masing, kami mulai berganti topik bahasan. Mulai dari musik, hobi, kesenangan, dan lain-lain. Mbak Dita dan mbak Desti juga bercerita tentang pengalaman mereka mulai dari curahan hati, konflik batin, dan lain-lain. Setelah 45 menit berlalu akhirnya kami dipersilahkan untuk pulang menuju kerumah masing-masing.
Dari semua pengalaman yang diceritakan sangatlah menarik. Cerita yang mereka ceritakan memiliki makna yang dalam bagi diri mereka sendiri. Dari sekian banyak cerita yang kudengarkan, ada cerita yang sangat menginspirasi. Cuplikan cerita yang kutuliskan tadi adalah salah satunya. Cerita yang diceritakannya memang sangat menginspirasi. Menurutku ceritanya dapat dijadikan sebuah film pendek. Jika ceritanya dibuat menjadi film pendek, maka film akan menceritakan lika-liku kehidupan seorang remaja dalam menghadapi rintangan dalam menjalani hobinya. Memang terkadang apa yang kita inginkan tidak selalu dapat kita penuhi. Semua orang memiliki asa dan cita. Orang pasti akan berusaha untuk mencapai mimpi-mimpinya. Walau halangan yang menghadang sangat berat, pasti orang yang memiliki pendirian teguh dan pantang menyerah pasti dapat melawan semua rintangan untuk mencapai apa yang diimpikannya.
Pesan yang kutangkap dari cerita pengalamannya tersebut adalah selama kita teguh pada apa yang ingin kita raih, pasti Tuhan akan memberikan jalan. Karena hanya Tuhan yang bisa mengubah hati seseorang. Selain berusaha kita juga perlu berikhtiar kepada Tuhan. Jika keduanya bisa dilakukan secara bersama dan seimbang pasti Tuhan memberikan jalan.
Dari semua hal yang ada di sekolah kaca tadi pasti memiliki makna dan kesan tersendiri. Memang banyak pengalaman yang dimiliki teman-temanku, dan semuanya memiliki kesan tersendiri. Semua cerita yang telah kudengar membuka wawasanku tentang kehidupan orang lain. Ini juga menjadi sebuah saran introspeksi diri, bahwa setiap orang memiliki cerita yang berbeda. Jadi sebagai manusia yang juga menjadi makhluk sosial kita tak boleh menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya. Meskipun orang itu memiliki sikap yang aneh atau berbeda dari orang lain, kita tak boleh menganggapnya berbeda, malah kita harus menganggap keunikannya sebagai suatu ciri khas orang tersebut.    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar